At, In, dan On Sebagai Penunjuk Tempat

Pada postingan tentang preposisi (kata depan) sebelumnya, saya membahas penggunaan at, in, dan on sebagai penunjuk waktu. Nah, pada postingan ini saya membahas penggunaan ketiga kata depan tersebut sebagai penunjuk tempat.

At, In, dan On Sebagai Penunjuk Tempat

1. At


Kata depan at digunakan untuk menunjukkan lokasi tempat yang sangat spesifik.
Contoh kalimat:

  • I live at 17 Perintis Road. [Saya tinggal di Jalan Perintis No. 17]
  • Turn left at the post office. [Belok kiri di kantor pos itu.]
  • Can you meet me at Soekarno-Hatta airport? [Dapatkah Anda bertemu saya di bandara Soekarno-Hatta?]
  • Don’t try it at your home. [Jangan coba itu di rumah Anda.]
  • We went to One Direction’s concert at Gelora Bung Karno. [Kami pergi ke konser One Direction di Gelora Bung Karno.]


2. In


Kata depan in dipakai untuk menunjukkan lokasi tempat yang tidak spesifik. In juga digunakan sebelum nama desa, kota, dan negara.
Contoh kalimat:

  • Students are in the library. [Murid-murid berada di perpustakaan.]
  • I put my towel in the bathroom. [Saya meletakkan handuk saya di kamar mandi.]
  • She lives in a big house. [Ia tinggal di sebuah rumah besar.]
  • I live in Makassar. [Saya tinggal di Makassar.]
  • Tokyo is in Japan. [Tokyo berada di Jepang.]


3. On


Kata depan on digunakan untuk menunjukkan lokasi tempat tanpa nomor jalan. Selain itu, on pakai dipakai juga sebelum tingkatan lantai pada sebuah gedung.
Contoh kalimat:

  • I live on Perintis Road. [Saya tinggal di Jalan Perintis.]
  • My girlfriend works on the thrid floor. [Pacar saya bekerja di lantai tiga.]
  • The CEO’s rom is on the second floor. [Ruang CEO berada di lantai dua]


Semoga penjelasan at, in, dan on sebagai penunjuk tempat di atas bermanfaat bagi Anda.


EmoticonEmoticon