6 Cara cepat meningkatkan kemampuan Listening Bahasa inggris

Seperti halnya kemampuan menulis (writing), membaca (reading), dan berbicara (speaking), kemampuan mendengarkan (listening) sangat penting bagi kalian yang ingin menguasai bahasa Inggris.

Banyak orang mungkin menyarankan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris agar kemampuan listening Anda meningkat. Namun, bagaimana jika kalian tidak punya dana untuk kursus tersebut? Jangan khawatir, Masih banyak cara alternatif yang bisa kalian lakukan. Berikut 6 cara cepat meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggris.


Listening

1. Pelajarilah Pronunciation atau pengucapan. Ada yang mengatakan bahwa pronounciation adalah mengenai speaking. Tetapi fakta sebenarnya, belajar mengenai pronounciation membuat Anda memahami native speaker lebih baik. Hal ini karena listeners (pendengar) harus mengetahui bagaimana bahasa sedang diubah jika itu tidak terjadi secara natural.

2. Menonton video atau mendengarkan audio dalam bahasa Inggris dengan transkrip. Ketika Anda mendengarkan bahasa Inggris dengan transkrip,  Anda dapat membaca apa yang dikatakan saat Anda mendengarnya. Hal ini bisa Anda lakukan saat Anda menonton movie ataupun mendengarkan lagu kesayangan Anda. Anda dapat menggunakan transkrip atau lirik untuk membantu Anda.

3. Lihatlah tayangan TV dalam bahasa Inggris. Sama halnya dengan cara 2, tetapi bedanya pada acara TV dalam bahasa inggris Anda tidak akan mendapatkan transkrip yang dapat membantu Anda. Anda harus menjadi pengdengar aktif. Pikirkanlah tentang apa yang Anda sedang dengarkan.

4. Berbicara dengan native speaker. Berbicara dengan native speaker , dan jika Anda tidak memahami apa yang mereka katakan , berikan mereka pertanyaan tentang bahasa. Tapi jika Anda tidak mengerti penutur asli , beritahu mereka juga. Kemudian, ketika waktunya tepat , bertanya pada mereka mengapa mereka mengatakan kalimat dengan cara mereka lakukan . Seorang pembicara asli dapat dengan mudah berpikir tentang perubahan dan memberikan beberapa penjelasan tentang hal itu . Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak wawasan menarik ke dalam bahasa Inggris.

5. Tuliskan kalimat yang Anda tidak mengerti dan mencoba untuk menggunakannya di kemudian hari. Gunakan kalimat-kalimat yang ditulis untuk menguji diri sendiri . Kadang-kadang belajar dan mencari tahu bahasa Inggris  seperti meletakan teka-teki bersama-sama . Setelah beberapa saat , potongan akan mulai cocok bersama-sama.

6. Gunakan Bahasa Inggris di aktivitas sehari-hari. Anda bisa memulainya dengan menonton atau membaca berita dalam bahasa inggris setiap hari. Kemudian Anda bisa meminta teman atau keluarga Anada untuk menggunakan bahasa Inggris pada aktivitas sehari-hari.

Demikian artikel 6 Cara cepat meningkatkan kemampuan Listening Bahasa inggris, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat.


EmoticonEmoticon