Pengertian dan Rumus Tenses

Dalam setiap kalimat bahasa inggris yang kita ucapkan, yang kita tulis, dan yang kita dengar, pasti dan akan selalu terkandung apa yang disebut sebagai Tenses. Dapat dikatakan bahwa Tenses itu ibarat lidah dalam berbicara, telinga untuk mengerti apa yang kita dengar, dan tinta untuk menulis apa yang ingin kita tulis. Dengan kata lain, Tenses merupakan pancaindra kita untuk berkomunikasi. Tanpa tenses, kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik, dan tidak akan sepenuhnya mengerti dalam berkomunikasi, oleh karena itu, mempelajari materi ini sangatlah penting, bahkan mempelajari hal tersebut merupakan suatu keharusan untuk kita.

Nah, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pengertian dan Rumus Tenses. Simak selengkapnya:


Tenses


Pengertian Tenses

Dalam membentuk suatu kalimat, sudah kita ketahui bahwa kita membutuhkan Tenses, Tenses sendiri terbentuk atas dua komponen dasar yang tidak bisa dipisahkan yaitu, waktu (time), dan aktifitas/kondisi/peristiwa (event). Dapat dikatakan bahwa event merupakan suatu perubahan kata kerja, maka secara kesimpulan, Tenses merupakan suatu perubahan dari kata kerja karena pengaruh time (waktu) dari suatu event. Jadi, jika kita ingin membentuk suatu kalimat, maka secara otomatis kita harus membentuk tenses, karena pada dasarnya dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Dan dalam membentuk tenses, maka harus ada kata kerja yang dipengaruhi oleh time suatu event (time dan event harus digabung).


Yang dimaksud time (waktu) dapat berupa sekarang (present), masa lalu (past), ataupun masa yang akan datang (future). Sedangkan yang dimaksud event adalah “apa yang kita lakukan (dapat berupa aktifitas, peristiwa, atau kondisi)”, disini kita melakukan sesuatu, jadi secara otomatis terkandung suatu kata kerja. Kata kerja dapat berubah tergantung dengan time (kata kerja yang digunakan untuk sekarang, masa lalu, atau masa mendatang), inilah yang disebut perubahan kata kerja.

Present,Past,Future,Past Future

Berikut ini adalah tabel time dan event yang membentuk Tenses

Time :
PresentSekarang
PastLampau/masa lalu
FutureMasa yang akan dating
Past futureRencana dimasa lampau
Event :
SimpleAktivitas sederhana (biasa/berulang-ulang)
ContinuousSedang berlangsung
PerfectTelah/sudah selesai
Perfect continuousSedang berlangsung dengan durasi waktu
Jika time dan event tersebut digabung, maka akan membentuk suatu jenis tenses. Misal, present dan simple digabung, maka akan membentuk jenis present simple, begitu juga dengan time dan event yang lainnya.

Rumus Tenses
Berikut ini adalah rumus dari semua jenis tenses yang ada :
Event/TimePresentPastFuturePast future
SimpleS + is/am/are + Non verb
S + verb1
S + was/were + non verb
S + verb2
S + will + verb1S + would + verb1
ContinuousS + is/am/are + verb.ingS + was/were + verb.ingS + will + be + verb.ingS + would + be + verb.ing
PerfectS + have/has + verb3S + had + verb3S + will + have + verb3S + would + have + verb3
Perfect continuousS + have/has + been + verb.ingS + had + been + verb.ingS + will + have + been + verb.ingS + would + have + been + verb.ing


EmoticonEmoticon