Future Perfect Tense (Pengertian, Rumus Contoh kalimat)

Future perfect tense adalah tense yang digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang akan sudah selesai pada waktu tertentu atau sebelum perbuatan lain terjadi di masa mendatang. Rumus atau pola tense ini adalah:

Rumus Future Perfect Tense

  • Kalimat positif: Subjek + will have + Verb 3
  • Kalimat negatif: Subjek + will not have + Verb 3
  • Kalimat tanya: Will + Subjek + have + Verb 3 + ?

Verb 3 (past participle) bentuknya bisa beraturan atau tidak beraturan. Untuk verb 3 beraturan, tambahkan ed pada kata kerja (contoh, finish menjadi finished). 


Future Perfect Tense

Contoh Kalimat Future Perfect Tense
Untuk membantu Anda memahami rumus di atas, saya berikan beberapa contoh kalimat future perfect tense.

A. Perbuatan yang akan sudah selesai pada waktu tertentu
  • Susi will have finished her work at 3.30 p.m. [Susi akan sudah menyelesaikan pekerjaannya pada pukul 3.30 sore.]
  • Susi will not have finished her work at 3.30 p.m. [Susi belum akan menyelesaikan pekerjaannya pada pukul 3.30 sore.]
  • Will Susi have finished her work at 3.30 p.m. ? [Akankah Susi sudah menyelesaikan pekerjaannya pada pukul 3.30 sore?]

B. Sebelum perbuatan lain terjadi
  • I will have read this book by the time you arrive. [Saya akan sudah membaca buku ini ketika kamu datang.]
  • I will not have read this book by the time you arrive. [Saya belum akan membaca buku ini ketika kamu datang.]
  • Will I have read this book by the time you arrive? [Akankah saya sudah membaca buku ini ketika kamu datang?]
Contoh lainsilakan lihat di bawah ini.
  • He will have arrived by 6.00 a.m. [Dia akan sudah tiba pada pukul 6 pagi.]
  • They will have left Indonesia by next week. [Mereka akan sudah meninggalkan Indonesia pada minggu depan.]
  • By the time I finish this English course, I will have taken a TOEFL test. [Ketika saya sudah menyelesaikan kursus bahasa Inggris ini, saya akan sudah mengikuti sebuah ujian TOEFL.]
  • I will have been in London by the end of September. [Saya akan sudah berada di London pada akhir September.]

Penanda Waktu
Penanda waktu yang biasa digunakan pada future perfect tense adalah by the time (ketika), by the end of (pada akhir), dan for (selama).


EmoticonEmoticon